Jumat, 18 September 2015

APA ITU KOMPUTER...

PENGERTIAN KOMPUTER
 
Komputer sudah merupakan hal yang asing lagi bagi kita, namun apakah kita mengerti apa yang dimaksud dengan kmputer itu sendiri? Lucu memang bila kita sudah sekian lama berteman dengan komputer namun kita sendiri tidak tahu apa itu yang dimaksud dengan komputer.

Baiklah, mari kita kenalan dengan komputer. Komputer adalah sekumpulan maupun serangkaian komponen dan mesin elektronik yang yang membentuk sebidang sistem kerja yang tertata rapi dan teliti yang terbentuk dari berbagai jutaan komponen yang saling terhubung dan dapat bekerja sama.

pengertian komputer

Sistem yang telah terbentuk ini kemudian dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis dan tertata rapi sesuai dengan instruksi maupun program yang telah diberikan kepadanya.

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

Dari pengertian yang ada memberi kita sebuah makna bahwa komputer adalah alat yang memiliki beberapa bagian bagian yang dapat bekerjasama satu sama lain, dan sifatnya yang elektronik tentunya mengharuskan bagian-bagian dari komputer tersebut untuk memiliki aliran listrik untuk dapat bekerja.

Istilah tentang serangkaian mesin yang mendukung kerja suatu komputer sering kali dikenal dengan sebutan hardware maupun perangkat keras. Perangkat keras maupun hardware adalah perangkat yaang menunjukkan bentuk fisik dari sebuah komputer maupun komponen penyusunnya.

Hardware merupakan perangkat yang berwujud nyata yang dapat kita lihat secara kasat mata, disentuh, maupun dipindah posisikan. Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya.

Program ini bisa berupa suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.

Sebuah komputer tentunya tidak dapat bekerja hanya dengan bermodal mempunyai sebuah perangkat fisik saja, namun memerlukan sebuah program yang harus dimasukkan kedalamnya. Program yang dimaksud dapat berupa serangkaian prosedur pengoperasian komputer itu sendiri maupun berbagai prosedur dalam hal memproses sebuah data yang telah ditetapkan sebelumnya. Istilah yang sering digunakan untuk menyebut sekelompok program ini adalah software atau perangkat lunak.

Faktanya adalah sebuah komputer hanyalah sebuah alat. Namun bukan sembarang alat, melainkan sebuah alat yang diciptakan secara khusus untuk memudahkan pekerjaan maupun masalah yang dihadapi oleh manusia. Sebuah komputer tidaklah dapat beroperasi dengan sendirinya, namun komputer memerlukan seseorang untuk mengoperasikannya sehingga komputer dapat melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh manusia.

Istilah untuk orang yang mengoperasikan komputer sering kita kenali dengan istilah brainware. Brainware dapat diartikan sebagai seseorang yang menerima hasil kinerja komputer dalam bentuk laporan baik berupa fisik maupun non fisik.

Ketiga konsep yaitu hardware – software – brainware merupakan konsep yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Karena manusia sebagai brainware harus melakukan atau memasukkan perintah kedalam komputer, kemudian komputer mengolahnya, lalu barulah komputer dapat  bekerja untuk dapat menyelesaikan masalah ataupun pekerjaan yang sedang kita hadapi.

Baiklah kawan, sampai di sini dulu kita berkenalan dengan komputer, kalau pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang itu tidak berarti lagi bagi kita, karena kita sekarang telah mengenal apa itu komputer meskipun hanya pengertian dasar saja,tapi itu sudah berguna untuk pengetahuan kita tentang komputer.
 
Itu saja yang dapat saya bagikan tentang Pengertian Komputer, semoga bermanfaat. Akhir kata Terima kasih atas kunjungannya ke Blog ini...

1 komentar: